Connect with us

Aceh Timur

Pertemuan Sosialisasi Pemekaran Wilayah Kabupaten Baru “Bandar Khalifah”

Published

on

INFOACEHTIMUR.COM | Sejumlah tokoh dari beberapa kalangan di Kabupaten Aceh Timur, melakukan pertemuan dalam rangka sosialisasi pemekaran wilayah calon daerah otonomi baru Kabupaten Bandar Khalifah.

Kegiatan itu digelar di cafe Hawa Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kamis (23/12/2021).

Secara marathon sudah dilakukan sosialisasi di tujuh kecamatan diantaranya, Peureulak, Peureulak Timur, Peureulak Barat, Ranto Peureulak, Rantau Selamat, Birem bayen, Peunaron, kaya Ketua Panitia pemekaran wilayah, Fatah Fikri.

Menurutnya, untuk pemekaran wilayah Kabupaten Bandar Khalifah, dibutuhkan 10 kecamatan. Yaitu Peureulak Barat, Peureulak, Ranto Peureulak, Peureulak Timur, Sungai Raya, Birem Bayeun, Rantau Selamat, Penaron, Serbajadi dan Simpang Jernih.

“Nantinya ketika 10 kecamatan sudah memberikan dukungan penuh, kita akan membawa hal ini kepada Bupati dan legislatif di Aceh Timur,” tukas Fatah yang juga ketua DPR Aceh Timur.

Dikatakan lebih lanjut, pihaknya sudah mengkaji mengenai persyaratan untuk pemekaran wilayah yang didalamnya sebanyak 180 gampong.

“Disektor pertanian perkebunan, jumlah penduduk dan luas wilayah. PAD sangat mendukung,” ujarnya lagi.

Pemekaran wilayah ini, salah satunya bertujuan mempercepat pembangunan di beberapa wilayah, termasuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pembacaan deklarasi hingga penandatanganan petisi dari sejumlah tokoh yang mendukung menjadi akhir dari kegiatan sosialisasi itu.

Hadir di acara tersebut, sejumlah geuchik, Tuha Peut, Imun Mukim, Imum Gampong, Ketua Pemuda dan tokoh perempuan se Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. | syafrul | BeM |

Trending