Connect with us

Aceh Timur

Ribuan Warga Aceh Timur Mengungsi Akibat Banjir

Published

on

INFOACEHTIMUR.COM | Ribuan warga Aceh Timur yang terdampak banjir semalaman mengungsi Jum’at, (31/12/2021).

Terlihat ribuan warga Aceh Timur yang mengungsi ada di 5 Kecamatan, masing-masing Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Rantau Selamat, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Indra Makmur, dan Kecamatan Nurussalam.

“Untuk data pengungsian warga masih kita data, anggota sedang turun ke lokasi ikut mengevakuasi korban bencana banjir,” kata kepala Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh Timur (BPBD) Ashadi kepada awak media, Jum’at (31/12/2021).

Lebih lanjut, kata Ashadi, kemungkinan data yang sudah di input terbilang baru sedikit Kecamatan yang terdata. Dikarenakan anggota sedang sibuk mengevakuasi korban banjir.

“Kita sedang menunggu data di setiap Kecamatan melalui kepala Kecamatan,” tukas Ashadi dengan singkat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada wartawan menyebutkan, korban terdampak banjir tersebut yakni di Alue Sentang sebanyaj 1.600 jiwa, Paya Tampah 104 jiwa, dan Alue Gadeng berjumlah 551 orang.

“Pengungsi di Gampong Alue Sentang sebanyak 225 KK/900 jiwa. Mereka mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi dan meunasah,” jelas Ilyas.

Dia menyebut Desa Alue Sentang dan Alue Gadeng 2 hingga hari ini masih terendam banjir. Sedangkan di Paya Tambah air berangsur-angsur surut.

Banjir tersebut juga menggenangi badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. Menurutnya, petugas BPBD setempat telah dikerahkan ke lokasi dan mereka membawa dua perahu.

“Kita masih mendata dampak material akibat banjir tersebut. Di lokasi sekarang masih diguyur hujan deras,” ujar Ilyas.

Advertisement

Trending