Connect with us

Kota Langsa

Keluarga Besar KBM Unsam Langsa, Galang Dana Untuk Korban Banjir

Published

on

INFOACEHTIMUR.COM | Mahasiswa Universitas Samudra (Unsam) Langsa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unsam, menyalurkan bantuan hasil open donasi aksi solidaritas kepada korban banjir di Kota Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang.

Sebelumnya KBM Unsam Langsa turun ke jalan di Pusat Kota Langsa melakukan penggalangan dana selama 3 hari sejak tanggal 3- 5 Januari 2022, terkumpul uang tunai sebesar Rp 29.215.000.

Koordinator Aksi, Febbri Andreas Pane, kepada Serambinews.com, Minggu (9/1/2022) mengatakan, dari hasil uang penggalangan dana setelah pihaknya survei lokasi dan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir tersebut. Mahasiswa membelanjakan bahan-bahan pokok yang kemudian mereka salurkan ke masyarakat yang terdampak banjir di Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang, dan Kabupaten Aceh Timur.

Penyaluran bahan pokok tersebut dihantarkan langsung oleh mahasiswa tergabung di KBM Unsam melalui keuchik maupun datok gampong di 2 kabupaten dan 1 kota tersebut.

Selanjutnya keuchik maupun datok yang akan langaung membagikan atau menyalurkannya kembali ke masyarakat yang terdampak banjir dan membutuhkan.

Menurut Febbri, penyaluran bantuan tersebut terlaksana selama 3 hari mulai tanggal 6 – 8 Januari 2021 yang mana di hari pertama itu mereka awali di Kota Langsa.

Bantuan itu diserahkan langsung pihak keuchik di 3 titik yakni Gampong Sidodadi, Seulalah Baru, dan Gampong Jawa dengan rincian.

Dengan rincian maaing-masing gampong diberikan bahan pokok 29 karung beras 5 kg, 26 liter minyak makan, 11 kg gula, 12 papan telur dan 11 kotak mie instan.

Lalu, ditanggal 7 Januari KBM Unsam menyalurkan ke wilayah Aceh Timur dengan menyerahkan langsung pihak keuchik di 2 gampong yakni Gampong Paya Bili 2 dan Gampong Alur Nyamuk, Kecamatan Birem Bayeun.

Untuk Gampong Paya Bilik 2 dengan pembagian bahan pokok 35 karung beras 5 kg, 36 liter minyak makan, dan 24 papan telur.

Sedangkan Gampong Alur Nyamuk dengan pembagian bahan pokok 36 karung beras 5 kg, 48 liter minyak makan, dan 24 papan telur.

Kemudian dihari terakhir, penyaluran bantuan dilaksanakan di Aceh Tamiang di Desa Kota Lintang dan Gampong Kota, dengan rincian Kota Lintang 36 karung beras 5 kg, 48 liter minyak makan, dan 24 papan telur.

Lalu, untuk Desa Kota dengan pembagian bahan pokok 36 karung beras 5 kg, 60 liter minyak makan, dan 24 papan telur.

Ketua DPM Unsam, Syukrizal Yulianto, menyebutkan, sumbangan ini bersumber dari ummat untuk ummat para mahasisqa hanya menerima lalu menyalurkannya kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir. “Kami mahasiswa Universitas Samudra sangat berterima kasih kepada seluruh elemen yang turut mensukseskan aksi penggalangan dana bagi korban banjir ini,” sebutnya.[Serambinews]

Advertisement

Trending