Connect with us

Opini

INSPIRASI USAHA MENJAHIT BAGI KALANGAN MUDA

Published

on

Oleh : Sri Nurjanah (Hukum Tata Negara IAIN Langsa)

Di masa perkembangan zaman yang semakin maju ini, kita tahu bahwa banyak orang yang menginginkan pekerjaan dengan penghasilan yang besar. Seperti bekerja di kantoran, akan tetapi nyatanya peluang pekerjaan di kantoran sangat terbatas karena banyaknya manusia yang ada di dunia ini tidak sesuai dengan lapangan pekerjaan yang ada. Pendidikan menjadi salah satu alasan seseorang agar bisa kerja di kantoran.

Sedangkan kita sebagai generasi milenial bisa mendapatkan uang melalui usaha sendiri dengan mengembangkan keterampilan yang di miliki, karena penghasilan dari sebuah usaha sendiri lebih menjanjikan dari pada kerja kantoran. Usaha kecil dan menengah berperan sangat penting dalam mewujudkan tujuan pembanguan nasional dan tujuan pembanguan ekonomi.Usaha merupakan kegiatan yang mampu memperluas lapangan pekerjaan. Dan salah satunya adalah usaha di bidang jasa, yaitu usaha menjahit pakaian yang sangat berpeluang besar.

Usaha menjahit ini merupakan usaha yang sangat menjanjikan ditambah lagi jika usaha ini didirikan di tempat yang belum ada pesaingnya, dan juga minim akan kerugiannya. Usaha menjahit merupakan usaha di bidang jasa, dengan menerima tempahan mulai dari pakaian dinas, gaun, celana, kemeja, busana muslimah, hingga piyama baik laki-laki mau pun perempuan.

Usaha menjahit ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, karan pasti setiap orang pasti memerlukan jasa menjahit pakaian.

Dengan mengembangkan keterampilan yang dimiliki seorang penjahit maka dia bisa berkarya dengan karyanya. Pesan yang dapat kita ambil dari usaha ini adalah,” tetap berkarya dengan karya mu, meskipun ada segelintir orang yang ini merusak usaha mu dengan menjatuhkan mental mu, tetaplah berproses agar hasilnya maksimal”.

Karena setiap usaha yang dijalankan pasti ada cobaannya.

Menurut vita (32) tahun warga Peunaron Aceh Timur, ia membagikan pengalamannya memulai usaha menjahit. Ia mengatakan memulai usaha menjahit sejak masih bersekolah, ia mengambil jurusan Tata Busana pada Sekolah Swasta yang berada di daerah Kabupaten Langkat. Ia memulai menerima jahitan dengan merombak baju, mempermak pakaian dari hasil itu baginya sangat lumayan karana dapat untuk tambah uang jajan.

“Dulu saya sempat putus sekolah selama 4 tahun dan melanjutkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan bersekolah hanya selama 6 bulan lalu lulus, lalu saya bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta daerah Langkat Sumatra Utara. Sebelum saya melanjutkan sekolah SMP, saya mengikuti kursus menjahit dari situlah saya tertarik untuk mengasah kemampuan saya di bidang menjahit, jadi usaha menjahit ini di awali dengan ketertarikan dan bakat yang saya miliki lalu saya kembangkan kemampuan saya dengan mengambil sekolah SMK jurusan Tata Busana.”

Pada saat ini vita atau yang kerap di panggil Vita telah membuka kursus bagi orang-orang yang ini menekuni usaha menjahit, beliau juga pernah mengikuti program dari desa untuk memberdayakan warga sekita dengan memberikan kurus gratis selama 1 bulan bagi warga sekitar tempat tinggalnya terutama untuk wanita.

“Sudah hampir 12 tahun kurang lebih saya menekuni usaha menjahit ini dan hasilnya sangat lumayan, ditambah tempat tinggal saya yang masih jarang ada tukang jahit, dari hasil usaha saya ini saya bisa membiayai adik saya kuliah, membantu prekonomian keluarga, membantu suami, dan bisa membeli apa yang kita mau dengan uang hasil kerja dari usaha sendiri”.

Untuk pendapatan kasarnya dalam satu bulan bisa mencapai 2-3 juta. Namun beliau belum memiliki pegawai tetap, tetapi ada pekerja yang di pekerjaannya jika lagi banyak orderan menjahit.

Ibu dari empat orang anak ini juga mengatakan tentang susahnya bagaimana menghadapi konsumen yang cerewet dengan banyak maunya namun minta harga ongkos menjahit dengan harga murah.

“Jika ada masalah seperti ini kita tetap hadapi dengan cara sabar dan berikan pengertian atas jasa kita.” ujar Vita.

Beliau berpesan kepada para kaum Milenial untuk bisa mandiri sejak dini, memulai uasah yang yang diminati dan ditekuni bisa jadi itu menjadikan kita sukses kelak dikemudian hari. Jangan takut untuk memulai usaha sendiri dari Nol, dan mulailah dari usaha yang kecil.

Semoga artikel saya ini menginspirasi untuk kita yang ingin memulai usaha apapun terutama bagi kita yang masih muda.

Advertisement

Trending

Copyright © INFO ACEH TIMUR

error: Konten Dilindungi !!