Connect with us

Opini

PENERAPAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA ANAK-ANAK DI TPA AS-SIRAJ

Published

on

Oleh : Winda Afri Liani (Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, KPM IAIN LANGSA)

PENERAPAN Merupakan suatu perbuatan mempraktikkan suatu teori,metode dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk suatu kepentingan yang di inginkan oleh suatu kelompok atau golongan yang telah terencana dan tersusun sebelumnya.

Baca tulis al-qur’an merupakan hal yang sangat penting pada anak usia dini atau pada anak yang sedang tumbuh dan berkembang,yang di maksud dengan kegiatan pembelajaran baca tulis al-qur’an adalah melafalkan dan menulis ayat-ayat al-qur’an dan mengetahui aturan-aturan yang telah di tetapkan seperti makhrajul huruf,Panjang pendek ,kaidah tajwid,gharib(tersembunyi atau samar-samar) sehingga tidak terjadi perubahan makna.

Penerapan baca tulis al-qu’an pada anak-anak di TPA as-siraj yang pertama di terapkan seperti menulis huruf-huruf hijayyah,yaitu dengan cara memperhatikan satu persatu huruf hijayyah yang ada di iqra’ masing-masing kemudian menulis di buku masing-masing dan setelah menulis anak-anak dapat membaca huruf yang telah di tulisnya,ini salah satu cara supaya anak mudah untuk mengingat.

Anak-anak di TPA as-siraj dari umur 6-10 tahun dan anak-anak tersebut berasal dari kampung alue dua muka s dan alue dua muka o dan jumlah murid 15 orang yaitu laki-laki 8 orang dan perempuan 7 orang. Murid nya masih sedikit karena TPA as-siraj baru berjalan kurang lebih satu tahun. Pemimpinya biasa di panggil dengan umi dayat,beliau menetap di kampung alue dua muka s.Anak-anak mulai mengaji dari jam 2 sampai jam 4 mereka ada yang di antar sama orang tua dan ada juga yang bersepeda,mereka mengaji mulai hari senin sampai hari sabtu kerena minggu di liburkan.Tujuan adanya TPA as-siraj ini agar dapat menumbuhkan karakter anak sejak dini dan mampu memahami dan mengamalkan al-qur’an serta memiliki akhlakul karimah sesama keluarga,teman dan lingkungan sekitar.

Trending