*Dayah Cot Kala | Oleh: Ilham
Sejarah – Pernah kah mendengar nama Pondok Pasantren (Ponpes), sekolah Islam pertama di Asia Tenggara yang didirikan pada abad ke-9 M yaitu Zawiyah (Dayah Cot Kala) di Bayeun, Aceh Timur?. Kini keberadaan Dayah Cot Kala tersebut masih menjadi misteri dikalangan masyarakat.
Misterinya Dayah Cot Kala sebagian warga di pedesaan daerah Bayeun, Aceh Timur menyebut Dayah Cot Kala telah hilang dengan sendirinya tanpa ada peninggalan apapun. Sangat misteri bukan? Bahkan, ada yang menyebut lokasi Dayah Cot Kala terletak di daerah Bayeun.
Menulusuri daerah Bayeun, Aceh Timur terdapat 25 Desa di Kecamatan Birem Bayeun yang disebut-sebut sebagai daerah bagian Bayeun. Sementara lainnya terdapat 14 Desa di Kecamatan Rantau Selamat yang disebut-sebut sebagai daerah Bayeun, dan terdapat 20 Desa di Kecamatan Sungai Raya yang disebut-sebut sebagai daerah Bayeun.
Mengulas kembali tentang Dayah Cot Kala yang diulas melalui cerita Sultan Meurah Johan Syah, merupakan pendiri Kesultanan Aceh pada (1205-1235 M) di Aceh Besar. Jauh sebelum berdirinya kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan oleh Sultan Ali Mugayat Syah (1514-1530 M).
Sultan Meurah Johan Syah, mendirikan Kesultanan Aceh di atas bekas Federasi atau (Perjanjian) kerajaan Lamuri Kuno (Kerajaan Indra Purba atau Lamuri, Indra Jaya atau Seudu, Indra Purwa, Indra Patra, Indra Puri dan Langkrak) bersama gurunya yang bernama Syeikh Abdullah Kan’an.
Untuk diketahui melansir Hidayatullah.com, Syeikh Abdullah Kan’an. Adalah seorang ulama yang berasal dari Kan’an Palestina dan sudah datang ke Aceh di abad ke-4 Hijriah. Maksud dan tujuan Syeikh Abdullah Kan’an ke Aceh untuk memperdalam ilmu agama di Zawiyah (Dayah Cot Kala) sekolah Islam pertama didirikan pada abad ke-9 M. Setelah lulus dari Zawiyah Cot Kala kemudian Syeikh Abdullah Kan’an diangkat sebagai Teungku Chik di Zawiyah Cot Kala oleh Sultan Peureulak.
Lalu, Sultan Meurah Johan Syah atau Johansyah. Berasal dari Kerajaan Linge (Gayo) merupakan murid dari Syeikh Abdullah Kan’an berhijrah untuk mendalami ilmu agama Islam ke Dayah Cot Kala di Bayeun, Aceh Timur yang saat itu berada dalam wilayah Kesultanan Peureulak. Disitu Johansyah juga mendapati gelar meurah sebutan keturunan bangsawan negeri Lingga (Linge) karena ayahnya yang bernama Adi Genali atau Teungku Kawe Teupat merupakan bangsawan yang dirajakan di negeri Linge.
Tahukah kamu dimana letaknya Zawiyah (Dayah Cot Kala) Bayeun, Aceh Timur?
Dalam investigasi penulis sejarawan ini saat mendalami cerita misteri letak Zawiyah (Dayah Cot Kala) masih belum diketahui secara pasti dimana letaknya Zawiyah (Dayah Cot Kala) itu. Namun, sebagian orang yang dihitung angka persen mengakui. Zawiyah (Dayah Cot Kala) Bayeun, Aceh Timur terletak di daerah Desa Bayeun, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur. Desa Bayeun juga merupakan Desa yang cukup dikenal, namun asal usul dikenalnya Desa Bayeun juga masih terbilang Misteri.
Terbilang 45 persen, namun demikian 65 persen orang masih tidak dapat menyebut keberadaan Zawiyah (Dayah Cot Kala). Investigasi penulis sejarawan mengintrogasi warga di daerah Bayeun, Aceh Timur yang dikaji lewat orang lansia maksimal 90 tahunan. Bahas 45 persen orang yang mengakui karena mereka menyebut di Desa Bayeun terdapat Dusun yang diberi namakan ‘Dusun Cot Kala’.
Benarkah Zawiyah (Dayah Cot Kala) terletak nya di Dusun Cot Kala, Desa Bayeun, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur? Jawaban tersebut;
Tidak dapat divonis secara sah letak Zawiyah (Dayah Cot Kala) sekolah Islam pertama di Asia Tenggara yang didirikan pada abad ke-9 M. Namun investigasi penulis sejarawan masih mempertimbangkan dan menggali informasi tentang ‘Dusun Cot Kala’ terletak di Desa Bayeun. Bahkan, capai 100 persen warga Desa Bayeun mengakui bahwa letaknya Zawiyah (Dayah Cot Kala) di dusun tersebut.
Warga di Desa Bayeun menyebut adanya Zawiyah (Dayah Cot Kala) dan mempercayainya yang diperoleh dari cerita kakek/nenek turun temurun. Keberadaan Zawiyah (Dayah Cot Kala) itupun tidak diketahui secara pasti dimana disebabkan Dayah tersebut tenggelam atau hilang dengan tiba-tiba, misterinya kehilangan Zawiyah (Dayah Cot Kala) tidak ada jejak peninggalan sama sekali.
Penulis sejarawan Zawiyah (Dayah Cot Kala) sekolah Islam pertama di Asia Tenggara yang didirikan pada abad ke-9 M, masih melakukan investigasi dan menelusuri serta menggali lanjutan informasi ‘Dusun Cot Kala’
Sambungan Syeikh Abdullah Kan’an* ia termasuk salah satu dari ulama yang mula-mula menyiarkan agama Islam di Aceh. Menurut Ali Hasjmy, Syeikh Abdullah Kan’an merupakan ahli pertanian yang pertama kali membawa bibit lada ke Aceh. Masyarakat Aceh mengenal Syeikh Abdullah Kan’an dengan sebutan Teungku Chik Lampeuneu’euen. Tempat kediaman Syeikh Abdullah dinamai Lampeuneu’en atau Lamkeuneu’en yang secara harfiah dalam bahasa Aceh berarti wilayah Kan’an yang merupakan tempat asal Syeikh Abdullah. Saat ini gampong Lampeuneuen termasuk dalam wilayah kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar.
Pada tahun 576 H /1180 M, Syeikh Abdullah Kan’an dan Meurah Johan dikirim oleh Sultan Makhdum Alaidin Malik Muhammad Shah Johan (1173-1200), Sultan Kesultanan Peureulak ke Aceh Besar sebagai delegasi dakwah menyebarkan agama Islam sekaligus angkatan perang yang membawa 300-600 pasukan untuk menyerang pasukan Tiongkok dibawah dinasti Zhao Zhen yang terlebih dahulu menyerang dan menaklukkan Kerajaan Indra Jaya dan sekitarnya antara tahun 450-460 H atau 1059-1069 M.
Sebelumnya, Kerajaan Hindu Indra Purba yang beribu kota di Lamuri dibawah pimpinan Maharaja Indra Sakti meminta bantuan Peureulak untuk menghadapi ancaman armada perang Tiongkok yang berhasil menguasai Kerajaan Indra Jaya mengingat sebelumnya Kerajaan Indra Purba pernah diserang dan dijarah oleh Kerajaan Rajendra Cola 1 dari India Selatan.
Johansyah ditugaskan mengomandoi angkatan perang ‘Syah Hudan’ yang didalamnya terdapat 300 personil terlatih yang kesemuanya merupakan mahasantri Zawiyah (Dayah) Cot Kala. Ia dan pasukannya lalu membangun pusat latihan militer di Bandar Lamuri tepatnya di Mamprai dalam upaya menaklukkan kerajaan Seudu (Indra Jaya).
Di Mamprai, Syeikh Abdullah Kan’an atas izin Raja Indra Purba juga membuka kebun lada dan mulai menyebarkan ajaran Islam. Pada akhirnya, raja dan seluruh penduduk Lamuri berhasil berhasil diislamkan oleh Syeikh Abdullah Kan’an dengan bantuan 300 mahasantrinya yang selanjutnya oleh masyarakat Aceh disebut Sukee Lhee Reutoh.
Pasukan Meurah Johan akhirnya berhasil memporak-porandakan basis pertahanan angkatan perang Tiongkok di Kerajaan Seudu (nama baru Indra Jaya) termasuk menangkap panglima perang Kerajaan Seudu Maharani (Putri) Nian Nio Lian Khi (Lingke).
Selepas penaklukan itu, Maharaja Indra Sakti yang telah masuk Islam menikahkan puterinya yang bernama Puteri Blieng Indra Keusuma dengan Meurah Johan. Dan mengangkat Meurah Johan Syah sebagai pewaris tahta Kerajaan Lamuri dengan gelar Poteu Uek.
Dua puluh lima tahun kemudian, Maharaja Indra Sakti mangkat sehingga Johan Syah didapuk sebagai Raja Lamuri. Untuk menyatukan bekas federasi Kerajaan Lamuri Kuno, maka diadakan rapat besar yang dihadiri oleh perwakilan kerajaan Seudu, Indra Purwa, Indra Patra, Indra Puri dan Indra Purba dan wakil kerajaan Islam Peureulak, kerajaan Islam Pasé (Pasai), kerajaan Benua (sekarang: Langkat-Tamiang) dan kerajaan Islam Linge. Pada saat itulah, Syeikh Abdullah Kan’an berkata: “Kini, kita semua sepakat untuk mendirikan satu kerajaan Islam dengan nama Kesultanan Aceh Darussalam.”
Syeikh Abdullah Kan’an sendiri yang memilih nama Aceh sebagai nama kerajaan baru yang menyatukan bekas kerajaan Indra Patra, Indra Puri, Indra Purwa dan Seudu bergabung dengan Islam sebagai dasar negara. Selanjutnya disepakati ibukota Kerajaan Aceh saat itu terletak di tempat yang sekarang disebut Gampong Pande dengan nama Bandar Aceh Darussalam. Kemudian Meurah Johan Syah diputuskan dan dilantik sebagai Sultan Aceh pertama pada 1 Ramadhan 601 H atau 22 April 1205 M (Saat ini diperingati sebagai Hari Lahir Banda Aceh) dengan gelar Sultan Alaiddin Johan Syah Zilullah Fil Alam, yang memerintah pada 1205-1234. Syeikh Abdullah Kan’an selanjutnya juga dilantik sebagai Mufti pertama Kesultanan Aceh.
Dalam pidato mukaddimah berdirinya kerajaan Aceh Darussalam, Syeikh Abdullah Kan’an menegaskan bahwa apabila Alquran dijadikan sebagai landasan hidup manusia dan menjadi pegangan utama dari pada kerajaan, maka kedamaian akan wujud di dunia, dimana keadilan, kebenaran, kasih sayang, persaudaraan, persamaan, kebebasan dan hak asasi manusia menjadi raja.
Sejak itu, Sultan Johan Syah bertekad bahwa kebenaran, keadilan, persaudaraan, persamaan, keikhlasan dan cinta kasih menjadi dasar negara dan siapa pun tidak boleh memperkosa dasar-dasar ini (Meurah Johan Raja Aceh Darussalam Pertama, 2004, Panitia Pekan Kebudayaan Aceh ke-IV, Kabupaten Aceh Tengah, hlm. 10).
Menurut catatan M. Yunus Jamil, Maharani Nian Nio dan pasukannya akhirnya berhasil di-islamkan. Lalu Syeikh Abdullah Kan’an dengan persetujuan Putri Indra Keusuma istri Meurah Johan menikahkan Putri Nian Nio dengan Meurah Johan di tengah laut Sabang. Masyarakat Aceh akhirnya mengenal Putri Nian Nio dengan sebutan Putroe Neng. Selain sebagai Mufti Kesultanan Aceh, Syeikh Abdullah Kan’an juga mendirikan dan memimpin Dayah di Lampeuneuen. Hingga akhir hayatnya ia terus berjuang mendakwahkan Islam hingga tersebar ke seluruh Aceh bahkan akhirnya ke seluruh Nusantara.
Syeikh Abdullah Kan’an dimakamkan di Leu Geu, Darul Imarah, Aceh Besar. Makamnya terletak dalam sebuah bangunan berbentuk mesjid yang di depannya terdapat sebuah sumur dengan cicin sumurnya terbuat dari tanah berukir. Dalam komplek makam itu juga terdapat makam beberapa pengikut dan murid beliau termasuk makam Tgk. Chik Kuta Karang, seorang ulama besar yang juga masih keturunan Tgk. Kan’an.
Tgk. Chik Abbas Kuta Karang adalah seorang ulama dan pejuang, sekaligus penulis produktif. Beliau pernah belajar di Makkah bersamaan dengan Snouck Hurgronje. Beliau kembali ke Aceh lebih awal untuk mengingatkan sultan dan masyarakat Aceh tentang fitnah yang mungkin dibawa oleh Snouck alias Tgk. Puteh ke Aceh.
Tgk Chik Kutakarang dikenal luas sebagai ahli falak, bahkan namanya diabadikan sebagai nama Observatorium Hilal di tepi Pantai Lhoknga oleh Kementerian Agama, sekitar 25 km dari lokasi makamnya saat ini. Beberapa kitab yang beliau wariskan adalah : (1) Sirajul Zalam fi Ma’rifati Sa’adi Wal Nahas tentang ilmu falak (2) Kitabur Rahmah tentang perobatan (3) Tazkiratul Rakidin dan (4) Mau’izhatul Ikhwan tentang strategi militer dalam rangka perang melawan penjajah kolonial, dan yang paling fenomenal (5) Taj al-Muluk yaitu sejenis kitab mujarab yang berisi trik dan amalan praktis bagi masyarakat berdasarkan peredaran bulan.
Perjuangan kakek Tgk. Chik Kuta Karang yang berasal dari Palestina yaitu Syeikh Abdullah Kan’an di Aceh membuka hati kita atas besarnya jasa masyarakat Palestina bagi Aceh, Indonesia dan dunia Islam pada umumnya.
Oleh karena itu, inilah saatnya bagi kita untuk membalas budi dengan bersatu berupaya mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina dari penjajahan dan penindasan yang dilakukan oleh Zionis. Insya Allah dengan persatuan kita bisa meraih kemenangan.*